Masalah di Karburator Thunder 125
Bisa
langsam tapi mbrebet dan mati pas gas ditarik itulah permasalahan yang ane
hadapi dengan tunggangan ane si Suzuki Thunder 125 beberapa minggu
terakhir ini.
Thunder 125 Black |
Sebenarnya
dari kemaren-kemaren uda sempet ngalamin tapi baru kali ini bener-bener bikin
frustasi. Gimana ngga, ane musti dorong tu motor dibawah guyuran ujan gara-gara
dia ngadat. Ga tanggung-tanggung ane dorong dari daerah Taman Palem Lestari
ampe Pademangan!!.
Sempet
searching di Om Google juga tapi masih belom nemu jawaban atopun penyebab
ngadatnya si Doi.Mekanik di bengkel langganan maupun Suzukinya langsung juga
Cuma bisa nebak-nebak doank penyebab si Doi ngadat.Pernah sekali dia ngadat pas
mo nyampe lampu merah danau sunter selatan, kebetulan disana ada dealer suzuki
plus bengkelnya, ane dorong aja ksana,pas nyampe depan bengkel ane engkol dia
nyala,padahal sebelumnya ane uda engkol ampe gempor ga nyala-nyala.
Sempet
konsultasi juga sama mekaniknya,katanya kemungkinan dari Sepulnya yang uda
kelamaan dan perlu diganti,(maklum si Doi uda pernah ganti plat nomor, yang
artinya usia doi uda lebih dari 5 tahun) alasan si mekanik karena mesin
kepanasan pas dipake jalan dan pas didorong uda agak dingin makanya pas
diengkol lagi dia nyala.
Tapi saat itu ane masih ragu sama diagnosa si mekanik
karena motor ade ipar ane uda ganti Sepul tapi masih ngadat juga.Ane ngambil
motornya dulu barengan ma ade ipar ane, didealer yang sama,tipe yang
sama,warnanya sama,bahkan sampe penyakitnyapun sama. Pernah
saking frustasinya ade ipar ane, tu motornya dijogrokin aja didepan rumahnya
berhari-hari sampe akhirnya dia ngambil keputusan ngeganti karbu Thundernya
pake karbu RX King. Kompatible sich dengan beberapa penyesuaian settingan, Cuma
bensinnya jadi lebih boros katanya.
Oke,back
to bussiness,
Setelah
beberapa waktu lamanya akhirnya ane nemu juga penyebabnya, tapi sebelumnya ane mo
jabarin dulu gejala-gejala ngadatnya si Thunder 125 ane & ade ipar ane
punya, kali aja agan-agan sekalian sesama penunggang Thunder 125 pernah atau
sedang ngalamin kasus yang sama dan bisa saling berbagi info.
Beberapa
gejalanya adalah :
-
Pas
lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
-
Tarikan
kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
-
Atau
motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.
Penyebabnya
adalah Karet Vakum di Karburator.
Ini Penampakannya :
Karet Vakum |
Umumnya
karet vakum ini bisa bertahan selama bertahun-tahun,seiring waktu tarikan motor
akan berkurang tenaganya karena karet mulai kendor, keras dan berlubang atau
yang lebih ekstrim lagi ya bikin tunggangan jadi ngadat seperti yang ane alami.
Setelah
ane ganti karet vakumnya tarikan bawah memang agak berat (ane make yg KW
ditebus dengan harga 15Rb) tapi pas tarikan atas bisa tembus ampe diatas 80
km/jam, padahal sebelum diganti tarikan diatas 70 km/jam pasti mati mesin dan
baru mo nyala setelah diengkol ampe gempor.Kalo ada budjet lebih mending pake
yang Ori,sekitar 40-50 ribuan sebiji,anepun lagi mo nebus yang ori dari kebun
jeruk.
Semoga
postingan ane ini bisa membantu dan makin menambah wawasan kita semua.
thank infonya gan sama kaya punya ane :D
BalasHapusmasama gan :D skalian cek kabel busi gan,kl kelamaan suka ngelupas karetnya,repotnya kl keujanan trus korslet motor ogah nyala..
HapusThks berat gan. . Frustasi ane jadi berkurang :))
HapusMakasih atas infonya
BalasHapusThanks Bro buat infonya, setelah melewati waktu yg cukup lama dari tahun 2008-2013..
BalasHapussaya punya THunder mulai merengek manja, 1 minggu terakhir ini baru, pas kondisinya kayak brother sampaikan.
so saja mau coba solusi brother.
terimakasih ....
Semangat Thunder 125.
mantep masbro, ane ampe skrg msh tokcer aja tu motor stelah tau penyebab penyakitnya :D
Hapussaya sudah ganti karet vacumnya tapi masih juga brebet bahkan sampai mati..kira2 ada yang tau g penanganannya..terimakasih..
BalasHapuscoba cek kabel busi gan,ngelotok pa ngga,kadang2 suka konslet didaerah sana,cara paling gampang buat ngeceknya sich pas gelap2 ente starter,liat ada percikan api ngga di sekitar kabelnya,kalo ada brarti konslet,itu penyebabnya motor sering mati.
Hapustinggal di selotip aja pake selotip item bagian kabel yang terkelupas.
moga2 bs membantu.
permisi gan,ane udah ganti karet vacum 2 minggu lalu dan selama 2 minggu lalu motor lancar jaya tapi sekarang terulang kembali masalah2 yg ada di atas -__-"
BalasHapuskalau soal kelistrikan ane cek gak ada koslet..
menurut agan,perlukah ane nukar karbunya?,karbu apa yang cocok selain karbu king?
Tolong masukannya ya gan.
Terima kasih :D
memang kalau awal-awal setelah penggantian suka ngadat lagi,biasanya penyebabnya ada kotoran atau uap berlebih yang masuk dan menyebabkan karet vakum mandeg.. kalo ane cara ngatasinya buka baut penahan karbu ke saringan sampai kira2 cukup untuk memasukkan jari sampean kedalam karbu lalu mainkan tarikan piston dari sana dgn cara menaikturunkan piston agar karetnya kembali lancar, setelah itu coba nyalakan mesin dan gas perlahan. itu ane lakukan terakhir kali sampe skrg ga pernah ngadat lagi :D lebih mudah ketimbang bongkar karbu,apalagi pas ngadatnya ditengah jalan yang jauh dari bengkel.
Hapusuntuk karbu slain RX king brader bisa coba aplikasi punya GL pro/max tapi tentunya dengan beberapa penyesuaian biar pas pengaplikasiannya.
Oke mas bro,makasi bgt masukannya :D
Hapususut punya usut,ternyata busa dari sarang hawa udara nya gak ada trus jok ane bocor jd kalau hujan air merembes ke sarang hawa udara jd karbu ngisap debu sama rembesan air hujan,untung skep ane gak kena -__-"
sekarang semua udah di clear kn mas bro,motor Insyaallah lancar jaya kembali :D
mantap bro (y) sebagai sesama thunder rider harus bisa berbagi pengalaman :D
Hapusiya mas bro,blog ini membantu bgt sebagai sesama thunder rider :D
HapusUntunk penggantian karbu pakai punya gl-pro cara lengkapnya gmana ya kang?
HapusUntunk penggantian karbu pakai punya gl-pro cara lengkapnya gmana ya kang?
HapusWah, problem nya sama nih..
BalasHapus- Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
- Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
- Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.
Apakah cuman mengganti "Karet Vakum di Karburator" doank yaah ?
Thx
yg uda2 sich penyebabnya itu,kl msh ngambek, cek kabel2 terutama kabel busi ngelupas ato ngga.kl ngelupas kadang pas lg starter dia konslet ke blok mesin.
Hapusrata2 pnyakitnya sama,, punyaku jg gtu..,, ud tak ganti karet vakum, tapi cma bertahan 3 bulan, trs penyakitnya balik lagi..
BalasHapuspunya ane uda hampir setahun masgan :)
Hapusutk karburator tipe vakum memang penyakitnya kebanyakan sama, karet vakum mandeg,ga narik ato abis narik ga balik gara2 karetnya bolong atau mengeras.
solusinya pake karet vakum orisinil :)
Maaf om numpang tanya,kLo karburator thunder di ganti dg karburator PE 28 sih gimana ada kendala gak..??
BalasHapusMengenai Masalah dengan kecepatan dan ke iritan bahan bakar nya ..
Terima kasih ??
kalo menurut ane sich semua part yang ga sesuai dgn spek asli dari motor pasti ada kendalanya, apalagi kalo partnya bukan orisinil punya alias kw-kw an :)
Hapuskalo dari pengalaman ade ipar ane sich emang setelah ganti karbu king speed ningkat tapi itupun harus disetting berulang-ulang baru dapet, plus bensinnya itu loh, borosss. makanya dia bawanya pelan2 biar bensinnya iritan katanya :D
thx gan info...bermanfaat sekali
BalasHapusOm motor ane sama yg ente alamin, tp kalo motot kehujanan pasti aja.mogok di tengah jalan, solusinya gimna bro??
BalasHapuskl keujanan mogok biasanya gara2 kabel body ada yang konslet gan,coba cek kabel dkt pala busi ngelupas pa ngga,kl ngelupas tinggal diselotip aja pake selotip item khusus buat kabel.kl ngga brarti ada kabel di bagian lain yg ngelupas yang bikin konslet.
Hapusane udh ganti karet vakumnya gan, tapi msh ttep aja kaya gtu, knp yaa???
BalasHapushampir sama dengan penyakit thudr agan. pas ane lagi gas trus kaya ada yg slip dan saat itu jga lari thunder ane jd loyo. awalnya msh kadang normal lagi tp sekarang udah loyo trus. ane udah ganti kampas kopling tp msh ga ngaruh. nnti besok ane coba dh ganti tu karet vacum. mksh infonya gan
BalasHapusSalam kenal buat agan agan.. info yg bermanfaat buat sesama pengguna thunder..
BalasHapusmakasih banyak gan infonya bermanfaat bangett,kebetulan penyakit thunder ane sama
BalasHapusPantesan belum nyala juga padahal ane udh bersihin karbu dan ngcek perapian dan semua nya bagus .. Pas ane buka karet vakum emang ada beberapa yg retak dan bolong gan -_- .. Thank info nya 😘
BalasHapus90% penyakit thunders adalah vakum karbu. solusinya ganti dgn karbu yg gak pakai vakum. pasti beres.
BalasHapusThunder ane udah hnpir 10thun gan, blom pernah ganti karet vakum, pas putaran rendah brebet kaya busi mulai soak,tpi putaran tinggi gpp, mngkin karet vakumnya kali ya,, thanks gan infonya,,
BalasHapusSama gan thunder gua penyakitnya gitu juga ditambah lampu sein kiri-kanan, lampu malam(belakang) dan lampu jauh Ngak mau nyala, padahal udah ganti sakelarnya, kenapa ya gan??
BalasHapusSama gan thunder gua penyakitnya gitu juga ditambah lampu sein kiri-kanan, lampu malam(belakang) dan lampu jauh Ngak mau nyala, padahal udah ganti sakelarnya, kenapa ya gan??
BalasHapusSalam gan..
BalasHapusSya mo tanya nich..
Sya juga penguna thunder 125 2006..
Thndr sya klu udah hidup slama 20 menit mau di kick stater..
Tapi setelah 10 jam gak hidup"
pagi'y gak bisa hidup lagi gan
tolong penerangan'y
Cek sikring takutnya Bogor halus selanjutnya cek kabel2 suka ada yang longgar.
Hapusaku punya thunder 125 tahun 2006 gan.
BalasHapuspenyakitnya karbu berkeringat. kalau udah berkeringat bawaannya ngadat gan. ada solusi gak buat penyakit motor ane?
motor thunder ane juga sama gan.. rewel bgt, sering mbrebet...
BalasHapusdi tengah perjalanan tenaga tiba tiba loyo.. kadang kalo mesinnya udah panas .. gas nya sering gede sendiri.. ane coba puter setingan gasnya, ane kecilin, eh mesin malah gak langsam kalo diturunin gasnya, mesin malah mati..
Masukan buat agan" yang pake karbu pe keihin 28.
BalasHapusPertama : manifol nya pake pnya FU soalnya pnya thunder kurang rapat dikit.
Kedua : PJ dan MJ nya pake pnya thunder aja.
Ketiga : jarum skepnya pake pnya GL.
Dijamin motor ngga bakal mberebet gan.
Salam Komunitas Thunder. :D
@Blognya mas : coba cek karet vakumnya gan, klo ada yg bocor atau robek bisa jdi mberebet.
BalasHapusKedua : coba jarum skep ganti pakai GL, sya sdh coba dan alhasil ngga mberebet gan
Misiii ga . maunya nih ane punya thunder 2004. Ane sering bongkar sendiri karbu.
BalasHapusPas ane mau bersihin pilot jet, susah malah soak ga bisa keluar . terus ane bor aja sendiri .ane beli in yg baru masuk, msih bisa di putar . pas ane nyalain malah ngaco. Gmna ia Gan , solusinya. Trimakasih seblum nya.
Gan gejala motor ane sama kaya yh d sebit d blog ente. Tp ane bawa bengkel kok d blg hrs ganti karbu nya ya ? Lah trus ane hrs gnti karbu / ganti karem vakum nya doang ?
BalasHapusGan gejala motor ane sama kaya yh d sebit d blog ente. Tp ane bawa bengkel kok d blg hrs ganti karbu nya ya ? Lah trus ane hrs gnti karbu / ganti karem vakum nya doang ?
BalasHapussemua penyakitnya hmpir sama gan sprti itu di thunder 94 ane jg,skrng mlh srng dipusingin sm accu srng brkarat&harganya yg mahal klw ganti baru,klw urusan daleman mesin mmng Suzuki Handel awet,pnya ane 11thn baru ganti kanpas kopling sm rantai keteng doank blm dioprak2 lg,biar tarikan thunder ente kenceng,ane kasih tips:buka sj rangkaian ori hawa yg ke blok mesin,selang besi seperangkt itu bongkar sj ga usah dipasang,dijamin thunder2 ente ngacir msk mentok top speed kilometernya yg cm 120km itu,pnya ane dr awal beli dulu lngsung ane cabut sj&sering dipakai jarak jauh luar kota tuh irit doi INI
BalasHapusKelemahannya:syng karbunya Valium&harga accu nya plng mahaal bro..yg lain2 ckp oke ane ajk tmn maen dr 2004 silam ampe skrng 2017 hhee..
Smga brmanfaat jg
Sallam thunder125
Permisi gan ane mw tanya thunder ane mogok ga jlan karbu y ky bocor basah trus sma bensin. Biasa y klo agk kering jlan smbil ditutupin pke tangan klo lg d engkel. Skrng g bisa" mhon solusi y
BalasHapusBeli repairkit karbu dulu bos, nanti karbunya bongkar dan ganti dalemanya. Tapi kalau sudah parah mending ganti aja karbunya, yang KW buatan thailand 300rb juga dapet, atau kalau mau cari bekasan ori biasanya ada yang jual di toko toko online semacam tokopedia. Sekarang thunder banyak yang di modif jadi model classic, biasanya karbu di ganti sama karbu skep biasa dan karbu orinya di jual murah sekitar 200-300rb
HapusThunder 2008 ane kemaren baru ganti spul karena aki nggak ngisi, 9 tahun baru minta ganti itu spul. Kalau masalah karbu karena ane rutin otak atik sendiri jadi nggak pernah mogok di jalan. Sebenernya itu motor bandel dan awet kalau di rawat dengan benar, sampai sekarang ane masih pakai untuk pulang pergi kerja,dengan jalan jakarta yang macet seperti ini memang thunder sangat nggak nyaman di pakai,torsi yang kecil sangat berat akselerasinya.. tapi saya masih suka pakai thunder karena irit dan aman ditaruh dimanapun, soalnya maling nggak doyan haha...
BalasHapusBos punya ane 2009 udh ganti aki sama spul tapi kaya ilang strum gitu solusinya gimana ya
Hapusane punya saudara motor thunder. a pas sendirian di tanjakan narikk tp kalau udah goncengan gk narik.
BalasHapustrus ane degar suara di karbu. a ada suara bunyi2 mohon bantuan. a kawan2.
thx
ane punya saudara motor thunder. a pas sendirian di tanjakan narikk tp kalau udah goncengan gk narik.
BalasHapustrus ane degar suara di karbu. a ada suara bunyi2 mohon bantuan. a kawan2.
thx
satria fu juga demikian
BalasHapusnambahin,awalnya rusak gini ane sih kayanya
satria punya lubang busi d atas nah keairan waku banjir,setelah itu ane engkol dan starter mugkin si karet basah bensin(banjir) jadi melar/keras,nah sampe mau ganti motor juga pernah tapi mekanik langganan bilang ini vacum,lokal sementara kurang presisi mnding ori
ane coba lokal 3bulan sembuh kesananya kumat tapi insyaalloh kalo ori mantep bos
Thunder gue juga gtu ni penyakit nya.karer vakum nya oke.yg lain nya juga oke.tpi kok masih ngadat yc.mhon bntuan nya.
BalasHapussama thunder ane akhir2 ini sering gitu..udah 3 bulan terakhir ganti vacum melulu nih 70rb x 3....boncosss uang nya....tolong masukannnya broder....kata montir nya sih gara2 bensin shell....suruh ganti bensin...karena shell oktan terlalu tinggi katanya...ane males beli pertamina....antri nya ga nahan...apa ada solusi lain om gan? apa mungkin perlu ganti karburator? sebelum 3 bulan ini motor ane baru ganti 2 kali vacum nya...itu dari tahun 2007 gan...terakhir ngadat 3 bulan kmaren...berturut2....mpe pusing ini dompet...
BalasHapussi doi ajak berenang/lewat genanga, untungnya ga mati,2 hari kemudian baru deh brebet,setelah d cek karet vakumnya bocor, namun brebet jg ga hilang setelah di ganti karet vakum yg ori, kondisi karburator dingi dan sambe keluar embun...mohon agan2 apa penyakit si doi...
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuswkwkwkwk penyakit motor kita rata² sama...
BalasHapusgk jadi jengkel ngerasain motor, malah ketawa...
yg jelas pihak suzuki juga gk mau tau sm masalah ni....
BalasHapuspadahal gara² masalah ni banyak para peminat yg akhirnya pindah merk...
Betul gan punya ane juga bgtu gan.
BalasHapusSip salam thunder 125,punya ane udh merambah Lampung utara hehe si leter Z kota tasik,2004-2015 bolak balik jakarta tasik plng irit,tenaga lumayan urusan tempuh jarak jauh,skrng nongkrong dl disono,hbs pajaknya blm kebayar hehee 😂
BalasHapusTp gimana gan kalau karbunya dah di ganti ma karbu rx king, tp prnyakitnya tetep sama, mohon solusinya,,, karna ane jga lagi frustasi di buatnya,,
BalasHapusTp gimana gan kalau karbunya dah di ganti ma karbu rx king, tp prnyakitnya tetep sama, mohon solusinya,,, karna ane jga lagi frustasi di buatnya,,
BalasHapusBang kalo karbunya banjir pas krannya di buka mesti di gimanain bang, mohon infonya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPunya ane 2009 udh ganti aki baru sama spul tapi tetep ilang listrik gitu. Lampu depan redup klakson lemah sama kaya habis bensin kalo lampu utama hidup ada yg tau solusinya?
BalasHapusGanti aja pake karbu rx king....mamtap
BalasHapus