Makna Reboot, Remake, Sekuel dan Prekuel


Istilah Film memang ada banyak sekali, di antara ribuan istilah yang ada, kali ini mari kita bahas mengenai istilah yang sering kita dengar: Reboot, Remake, Sekuel dan Prekuel.

Reboot
Istilah reboot atau film reboot sedikit tersamar dengan istilah remake. Menurut Wikipedia, film reboot adalah film yang dibuat ulang dengan tidak menghilangkan inti cerita. Perbedaannya biasanya penguatan karakter para pemerannya dan film reboot biasanya melakukan penelaahan atau penelusuran lebih dalam dari cerita yang ada di film yang sebelumnya.
Reboot juga biasanya dilakukan oleh rumah produksi film untuk menghidupkan lagi tokoh atau karakter atau cerita yang sudah hampir 'usang' karena tidak ada perkembangan baru dalam cerita tersebut. Atau kemungkinan memang cerita dalam film tersebut sudah berakhir atau selesai. Terkadang reboot juga dilakukan untuk membantu pendapatan dari rumah produksi film.
Contoh film reboot seperti Conan the Barbarian (1982) yang di-reboot di tahun 2011 dan The Punisher (1989) yang di-reboot tahun 2004.

Remake
Istilah remake atau film remake adalah film yang dibuat ulang karena jeda waktu yang cukup panjang atau film tersebut dibuat ulang dari sumber cerita yang sama (misalnya novel, komik, buku biografi). Sehingga tidak ada perubahan alur cerita. Film remake juga tidak harus menggunakan judul yang sama untuk filmnya, contohnya seperti The Departed yang diambil dari film Hong Kong yang berjudul Internal Affairs atau Ocean Eleven (1960) yang di-remake tahun 2001.

Sekuel
Film sekuel berarti film kedua atau film lanjutan dari film sebelumnya. Contohnya seperti Mission: Impossible 1-3, Transformers 1-3. Film sekuel tidak selalu memiliki hubungan cerita dengan film sebelumnya. Namun judul, tokoh dan asal-usulnya berhubungan dengan film sebelumnya.

Prekuel
Film prekuel berarti film yang seharusnya ada sebelum film yang saat ini sudah tayang atau film yang menceritakan asal-usul sebuah kisah. Film prekuel menceritakan tentang kisah atau asal-usul yang terjadi sebelum film berikutnya atau film yang saat ini sudah tayang. Apakah itu tokoh manusia atau superhero, barang-barang, karakter animasi dan lainnya. Contoh film prekuel terbaru adalah Final Destination 5 (2011) merupakan prekuel dari film Final Destination yang pertama yang tayang di tahun 2000.
Semoga makin menambah wawasan kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah singkat ; Sultan Cigar Indonesia

Game-game Arcade Classic