Rabu, 16 Januari 2013

Masalah di Karburator Thunder 125


Bisa langsam tapi mbrebet dan mati pas gas ditarik itulah permasalahan yang ane hadapi dengan tunggangan ane si Suzuki Thunder 125 beberapa minggu terakhir ini.
Thunder 125 Black
Sebenarnya dari kemaren-kemaren uda sempet ngalamin tapi baru kali ini bener-bener bikin frustasi. Gimana ngga, ane musti dorong tu motor dibawah guyuran ujan gara-gara dia ngadat. Ga tanggung-tanggung ane dorong dari daerah Taman Palem Lestari ampe Pademangan!!.

Sempet searching di Om Google juga tapi masih belom nemu jawaban atopun penyebab ngadatnya si Doi.Mekanik di bengkel langganan maupun Suzukinya langsung juga Cuma bisa nebak-nebak doank penyebab si Doi ngadat.Pernah sekali dia ngadat pas mo nyampe lampu merah danau sunter selatan, kebetulan disana ada dealer suzuki plus bengkelnya, ane dorong aja ksana,pas nyampe depan bengkel ane engkol dia nyala,padahal sebelumnya ane uda engkol ampe gempor ga nyala-nyala.
Sempet konsultasi juga sama mekaniknya,katanya kemungkinan dari Sepulnya yang uda kelamaan dan perlu diganti,(maklum si Doi uda pernah ganti plat nomor, yang artinya usia doi uda lebih dari 5 tahun) alasan si mekanik karena mesin kepanasan pas dipake jalan dan pas didorong uda agak dingin makanya pas diengkol lagi dia nyala.

Tapi saat itu ane masih ragu sama diagnosa si mekanik karena motor ade ipar ane uda ganti Sepul tapi masih ngadat juga.Ane ngambil motornya dulu barengan ma ade ipar ane, didealer yang sama,tipe yang sama,warnanya sama,bahkan sampe penyakitnyapun sama. Pernah saking frustasinya ade ipar ane, tu motornya dijogrokin aja didepan rumahnya berhari-hari sampe akhirnya dia ngambil keputusan ngeganti karbu Thundernya pake karbu RX King. Kompatible sich dengan beberapa penyesuaian settingan, Cuma bensinnya jadi lebih boros katanya.

Oke,back to bussiness,
Setelah beberapa waktu lamanya akhirnya ane nemu juga penyebabnya, tapi sebelumnya ane mo jabarin dulu gejala-gejala ngadatnya si Thunder 125 ane & ade ipar ane punya, kali aja agan-agan sekalian sesama penunggang Thunder 125 pernah atau sedang ngalamin kasus yang sama dan bisa saling berbagi info.
Beberapa gejalanya adalah :

-          Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
-          Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
-          Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.

Penyebabnya adalah Karet Vakum di Karburator.
Ini Penampakannya :
Karet Vakum
Umumnya karet vakum ini bisa bertahan selama bertahun-tahun,seiring waktu tarikan motor akan berkurang tenaganya karena karet mulai kendor, keras dan berlubang atau yang lebih ekstrim lagi ya bikin tunggangan jadi ngadat seperti yang ane alami.

Setelah ane ganti karet vakumnya tarikan bawah memang agak berat (ane make yg KW ditebus dengan harga 15Rb) tapi pas tarikan atas bisa tembus ampe diatas 80 km/jam, padahal sebelum diganti tarikan diatas 70 km/jam pasti mati mesin dan baru mo nyala setelah diengkol ampe gempor.Kalo ada budjet lebih mending pake yang Ori,sekitar 40-50 ribuan sebiji,anepun lagi mo nebus yang ori dari kebun jeruk.

Semoga postingan ane ini bisa membantu dan makin menambah wawasan kita semua.

24 komentar:

  1. thank infonya gan sama kaya punya ane :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama gan :D skalian cek kabel busi gan,kl kelamaan suka ngelupas karetnya,repotnya kl keujanan trus korslet motor ogah nyala..

      Hapus
    2. Thks berat gan. . Frustasi ane jadi berkurang :))

      Hapus
  2. Thanks Bro buat infonya, setelah melewati waktu yg cukup lama dari tahun 2008-2013..
    saya punya THunder mulai merengek manja, 1 minggu terakhir ini baru, pas kondisinya kayak brother sampaikan.
    so saja mau coba solusi brother.
    terimakasih ....

    Semangat Thunder 125.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep masbro, ane ampe skrg msh tokcer aja tu motor stelah tau penyebab penyakitnya :D

      Hapus
  3. saya sudah ganti karet vacumnya tapi masih juga brebet bahkan sampai mati..kira2 ada yang tau g penanganannya..terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek kabel busi gan,ngelotok pa ngga,kadang2 suka konslet didaerah sana,cara paling gampang buat ngeceknya sich pas gelap2 ente starter,liat ada percikan api ngga di sekitar kabelnya,kalo ada brarti konslet,itu penyebabnya motor sering mati.
      tinggal di selotip aja pake selotip item bagian kabel yang terkelupas.
      moga2 bs membantu.

      Hapus
  4. permisi gan,ane udah ganti karet vacum 2 minggu lalu dan selama 2 minggu lalu motor lancar jaya tapi sekarang terulang kembali masalah2 yg ada di atas -__-"
    kalau soal kelistrikan ane cek gak ada koslet..
    menurut agan,perlukah ane nukar karbunya?,karbu apa yang cocok selain karbu king?
    Tolong masukannya ya gan.
    Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kalau awal-awal setelah penggantian suka ngadat lagi,biasanya penyebabnya ada kotoran atau uap berlebih yang masuk dan menyebabkan karet vakum mandeg.. kalo ane cara ngatasinya buka baut penahan karbu ke saringan sampai kira2 cukup untuk memasukkan jari sampean kedalam karbu lalu mainkan tarikan piston dari sana dgn cara menaikturunkan piston agar karetnya kembali lancar, setelah itu coba nyalakan mesin dan gas perlahan. itu ane lakukan terakhir kali sampe skrg ga pernah ngadat lagi :D lebih mudah ketimbang bongkar karbu,apalagi pas ngadatnya ditengah jalan yang jauh dari bengkel.
      untuk karbu slain RX king brader bisa coba aplikasi punya GL pro/max tapi tentunya dengan beberapa penyesuaian biar pas pengaplikasiannya.

      Hapus
    2. Oke mas bro,makasi bgt masukannya :D
      usut punya usut,ternyata busa dari sarang hawa udara nya gak ada trus jok ane bocor jd kalau hujan air merembes ke sarang hawa udara jd karbu ngisap debu sama rembesan air hujan,untung skep ane gak kena -__-"
      sekarang semua udah di clear kn mas bro,motor Insyaallah lancar jaya kembali :D

      Hapus
    3. mantap bro (y) sebagai sesama thunder rider harus bisa berbagi pengalaman :D

      Hapus
    4. iya mas bro,blog ini membantu bgt sebagai sesama thunder rider :D

      Hapus
  5. Wah, problem nya sama nih..

    - Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
    - Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
    - Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.

    Apakah cuman mengganti "Karet Vakum di Karburator" doank yaah ?

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg uda2 sich penyebabnya itu,kl msh ngambek, cek kabel2 terutama kabel busi ngelupas ato ngga.kl ngelupas kadang pas lg starter dia konslet ke blok mesin.

      Hapus
  6. rata2 pnyakitnya sama,, punyaku jg gtu..,, ud tak ganti karet vakum, tapi cma bertahan 3 bulan, trs penyakitnya balik lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya ane uda hampir setahun masgan :)
      utk karburator tipe vakum memang penyakitnya kebanyakan sama, karet vakum mandeg,ga narik ato abis narik ga balik gara2 karetnya bolong atau mengeras.
      solusinya pake karet vakum orisinil :)

      Hapus
  7. Maaf om numpang tanya,kLo karburator thunder di ganti dg karburator PE 28 sih gimana ada kendala gak..??
    Mengenai Masalah dengan kecepatan dan ke iritan bahan bakar nya ..
    Terima kasih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut ane sich semua part yang ga sesuai dgn spek asli dari motor pasti ada kendalanya, apalagi kalo partnya bukan orisinil punya alias kw-kw an :)
      kalo dari pengalaman ade ipar ane sich emang setelah ganti karbu king speed ningkat tapi itupun harus disetting berulang-ulang baru dapet, plus bensinnya itu loh, borosss. makanya dia bawanya pelan2 biar bensinnya iritan katanya :D

      Hapus
  8. thx gan info...bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Om motor ane sama yg ente alamin, tp kalo motot kehujanan pasti aja.mogok di tengah jalan, solusinya gimna bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl keujanan mogok biasanya gara2 kabel body ada yang konslet gan,coba cek kabel dkt pala busi ngelupas pa ngga,kl ngelupas tinggal diselotip aja pake selotip item khusus buat kabel.kl ngga brarti ada kabel di bagian lain yg ngelupas yang bikin konslet.

      Hapus
  10. ane udh ganti karet vakumnya gan, tapi msh ttep aja kaya gtu, knp yaa???

    BalasHapus
  11. hampir sama dengan penyakit thudr agan. pas ane lagi gas trus kaya ada yg slip dan saat itu jga lari thunder ane jd loyo. awalnya msh kadang normal lagi tp sekarang udah loyo trus. ane udah ganti kampas kopling tp msh ga ngaruh. nnti besok ane coba dh ganti tu karet vacum. mksh infonya gan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...