Mengatasi Nicotine Sickness saat menikmati Cerutu



Nicotine Sickness atau mabok nikotin kadang bisa dialami oleh para penyigar (istilah bagi para penikmat cerutu) saat awal-awal baru mulai menikmati cerutu.

Habanos Seleccion Cigars


Karena batas toleransi tubuh seseorang akan nikotin berbeda-beda,maka berbeda pula gejala yang dialami. Bagi para Aficionado atau penikmat cerutu sejati, memang sangat jarang mengalaminya, tapi sekali dua kalipun mereka pasti pernah mengalaminya. Pertama kali saya mengalaminya malah mengira itu karena minuman yang saya  minum (habis minum Coffemix langsung minum teh botol dingin). Tapi setelah searching sana sini ternyata itu adalah Nicotine Sickness.  Gejala dari mabok nikotin agak-agak mirip dengan gejala mabok laut, yaitu pening/pusing, keluar keringat dingin, mual, dan yang paling ekstrim muntah.



Tanpa bermaksud mengajari atau menggurui, berikut saya share cara-cara menghindari Nicotine Sickness  yang dirangkum dari berbagai sumber dan sudah saya buktikan sendiri. Tujuannya agar para nubie dan penikmat cerutu tidak kapok setelah mencoba satu cigar dan ngalami yang namanya mabok nikotin,. Padahal tidak smua cerutu bikin mabok.



Mulai dari cerutu yang ringan

Seperti yang kita ketahui cerutu dibagi dalam tiga kelas yaitu Ringan(mild), sedang(medium), dan full. Pilih cerutu dikelas mild-medium untuk pemula, jangan karena merasa seorang perokok berat yang dalam sehari bisa menghabiskan berbungkus-bungkus rokok maka lantas langsung mencoba cerutu yang full. Karena makin tinggi kelas cerutunya, makin banyak pula kadar nikotin yang dikandungnya. Itulah mengapa dibeberapa forum review tentang cigar ada yang memberi peringatan “for experienced smoker only” karena memang tidak direkomendasikan untuk pemula.

Rokok berbeda dengan cerutu,walau sama-sama tembakau, komposisi keduanya berbeda, begitu pula cara menikmatinya. Jadi mulailah dari yang ringan/mild dan ukuran yang kecil dulu macam Cigarillos atau mini panatela, dan tidak langsung ukuran Robusto atau Churchill. Walaupun kadar nikotin sebuah cerutu tidak bisa ditentukan oleh ukuran cerutunya, ada kalanya cerutu ukuran Petit Corona lebih 'nendang' nikotinnya dari ukuran Corona Gorda. Paling aman mulailah dari ukuran yang kecil lebih dulu, seperti Cohiba mini atau Club untuk cerutu dari luar(Cuba), atau Adipati panatela dan Kenner King Extra untuk cerutu lokal. 
 
Cigarillos Shape.

Perut tidak dalam keadaan kosong.
Ada baiknya sebelum nyigar, sobat sekalian  sudah makan sesuatu. Jangan nyigar dalam keadaan perut kosong karena nikotin akan terserap lebih cepat kedalam tubuh.

Sedia Minuman
Saat nyigar pastikan ada minuman yang menemani, bisa kopi, teh, softdrink atau apapun, tujuannya agar tenggorokan tidak kering. Akan lebih pas jika ditemani minuman dingin, tapi semuanya kembali kepada selera masing-masing.

 
Pilih minuman paling cocok dengan selera anda.

Jangan Menghisap terlalu dalam
Ada cigar yang dilinting terlalu ketat sehingga berpengaruh pada hisapannya, ada pula yang terlalu longgar sehingga sangat enteng saat dihisap. Hindari cigar yang sulit dihisap,salah satu cara mengetahuinya yaitu sebelum dibakar coba dihisap dulu apakah berat atau enteng hisapannya, apabila terlalu berat coba diurut-urut disekitar bagian yang terasa agak keras dari cigar tersebut. Kalau masih terasa berat coba cigar lain, karena cigar yang terlalu lembab menyebabkannya sulit untuk dihisap. Usahakan asap dari cerutu hanya berada disekitar mulut saja, dan dikeluarkan dari mulut. Jangan mencoba mengeluarkannya dari hidung, mengeluarkan asap dari hidung juga dapat menyebabkan nikotin masuk ke rongga hidung yang pastinya bisa bikin mabok kalau belum terbiasa.

Nyigar di ruang terbuka
Nikmati cigar agan-agan skalian di ruang terbuka, jangan di dalam ruang tanpa ventilasi udara yang baik, dimana asap dari cerutunya hanya berputar disatu tempat sehingga makin mempercepat penyerapan nikotin pada tubuh.

Nyigar di ruang terbuka hijau.

Sering-sering meludah
Memang kedengarannya jorok, tapi meludah bisa membantu mengurangi efek nikotin yang masuk kedalam tubuh lewat ludah/air liur. Jadi ada baiknya meludah terlebih dahulu sebelum sobat sekalian menyesap minuman disela-sela hisapan, dengan begitu nikotin yang terkandung dalam air liur tidak serta merta tertelan  bersama minuman. Sediakan wadah plastik atau tempat khusus agar tidak meludah sembarangan.

Berhenti Nyigar
Kalau semua cara diatas sudah dilakukan dan masih mengalami juga, berhenti nyigar saat itu juga. Memang sayang jika tidak dihabiskan tapi lebih baik ketimbang bolak-balik toilet dan muntah-muntah, karena efek dari nikotin sendiri tidak langsung terjadi saat itu juga, tapi beberapa menit kemudian setelah dia terserap tubuh. Begitu terasa pening/pusing langsung berhenti dan minum air putih untuk menetralkan kadar nikotinnya. Ada baiknya berdiri sesekali waktu  nyigar, jadi sobat sekalian bisa tau apakah terasa pusing/pening.

Itulah beberapa teknik yang bisa saya bagikan, yang semoga bisa membantu agar sobat sekalian bisa tetap menikmati Cigar/Cerutu tanpa mengalami yang namanya Mabok Nikotin atau Nicotine Sickness.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah singkat ; Sultan Cigar Indonesia

Game-game Arcade Classic