Game-game Arcade Classic

Berikut ini ane mo share beberapa game-game arcade (atau ada yang lebih familiar dengan sebutan Ding-Dong) yang dulu sempet ane mainin dibeberapa arcade center didaerah ane, yang sekarang uda pada tutup dan tergeser oleh Ps dan Online game saat ini.
Mungkin kalo masih ada yang penasaran dengan bentuk dari mesin arcade/ding-dong itu sendiri, berikut penampakannya.

Dulu mainnya pake coin seratus rupiah yang bentuknya agak besar dan tipis.

Beberapa game berikut ini bisa dimainkan oleh dua hingga empat player sekaligus,jangan-jangan mungkin inilah cikal bakal game-game online saat ini yang bisa dimainkan beramai-ramai.

- Sunset Riders 

 
 Game buatan Konami tahun 1991 ini bersetting didaerah Wild-wild West,jaman koboy
 dan para pemburu hadiah/Bounty Hunters.

Player bisa memilih satu dari 4 pemburu hadiah diatas,masing-masing dengan skill dan senjata yang berbeda-beda. Karakter favorit ane dan yang lainnya saat itu adalah si penembak mexican,Cormano,karena jalur tembakannnya yang lebih terarah dan lebih melebar ketimbang karakter lainnya (kalau power up itemnya uda full).
selain menembak dan melompat,player juga bisa melakukan slider buat menghindari peluru musuh dan menembak sambil berkuda pada event tertentu.
Satu scene dimana player harus berlari diatas banteng-banteng yang berlari
- Mystic Warriors: Wrath of the Ninjas

Game ini juga buatan Konami ditahun 1993,oleh Team yang juga membuat Sunset Riders.Bertemakan ninja,game ini memiliki 5 karakter (Spyros,Keima,Kojiro,Brad,dan Yuri), tapi hanya 4 yang bisa dimainkan.Setelah player memilih karakter,salah satu karakter akan diculik dan memaksa player untuk mengejar dan menyelamatkan temannya yang diculik tersebut.

Player mengalahkan musuhnya dengan cara menembakkan proyektil senjata seperti pada game sunset riders, bedanya jika jarak player dan musuhnya dekat,player akan mengeluarkan pedangnya dan menebas musuh didepannya.

Salah satu level dimana player menembak musuhnya sambil meluncur diatas salju.
 - Cadillacs and Dinosours

Inilah game paling laris saat itu karena gamplay dan gerakan-gerakan yang lebih bervariatif.Game ini buatan Capcom ditahun 1992 berdasarkan komik Xenozoic Tales buatan Mark Schultz ditahun '80an.
Player bisa memilih satu dari 4 karakter yang ada (Jack,Hannah,Mustapha,dan Mess), dengan gerakan khas dan kelebihan masing-masing. Player tidak hanya bisa memukul dan melompat,tapi juga bisa berlari sambil menyerang dan menggunakan berbagai macam senjata (pistol,granat,pisau, bahkan sampai bazzoka bisa digunakan disini) untuk mengalahkan musuhnya.

Musuh-musuhnya bukan hanya karakter manusia saja.Ada kalanya player juga harus berhadapan dengan para dinosaurus seperti Raptor,triceratops,T-rex,bahkan beberapa boss bisa berubah menjadi dinosaurus.
Final Boss yang berubah menjadi mahkluk mutasi manusia dan dinosaurus.
Salah satu level dimana player dapat mengendarai mobil dan menabrak musuh-musuhnya.


- Captain Commando

Game yang juga buatan Capcom ditahun 1991 ini juga menawarkan permainan yang kurang lebih sama dengan Cadillacs and Dinosours namun dengan setting yang lebih futuristis.
Player dapat memilih bermain sebagai Captain Commando,Mack the Knife,Ginzu the Ninja, atau si Baby Jenius.
Player select.
Total ada 9 stage yang harus dilewati untuk menamatkan game ini.


Final boss yang bisa mengeluarkan elemen api dan es sekaligus.
Itulah beberapa game-game arcade classic yang dulu sempet ane maeinin. beberapa uda ane tamatin tapi ada juga yang ga tamat-tamat (Mystic Warriors).
Next time ane share lagi beberapa game lain yang bertema beat 'em up yang juga dulu sempet merajai beberapa arcade center.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah singkat ; Sultan Cigar Indonesia