Masalah di Karburator Thunder 125


Bisa langsam tapi mbrebet dan mati pas gas ditarik itulah permasalahan yang ane hadapi dengan tunggangan ane si Suzuki Thunder 125 beberapa minggu terakhir ini.
Thunder 125 Black
Sebenarnya dari kemaren-kemaren uda sempet ngalamin tapi baru kali ini bener-bener bikin frustasi. Gimana ngga, ane musti dorong tu motor dibawah guyuran ujan gara-gara dia ngadat. Ga tanggung-tanggung ane dorong dari daerah Taman Palem Lestari ampe Pademangan!!.

Sempet searching di Om Google juga tapi masih belom nemu jawaban atopun penyebab ngadatnya si Doi.Mekanik di bengkel langganan maupun Suzukinya langsung juga Cuma bisa nebak-nebak doank penyebab si Doi ngadat.Pernah sekali dia ngadat pas mo nyampe lampu merah danau sunter selatan, kebetulan disana ada dealer suzuki plus bengkelnya, ane dorong aja ksana,pas nyampe depan bengkel ane engkol dia nyala,padahal sebelumnya ane uda engkol ampe gempor ga nyala-nyala.
Sempet konsultasi juga sama mekaniknya,katanya kemungkinan dari Sepulnya yang uda kelamaan dan perlu diganti,(maklum si Doi uda pernah ganti plat nomor, yang artinya usia doi uda lebih dari 5 tahun) alasan si mekanik karena mesin kepanasan pas dipake jalan dan pas didorong uda agak dingin makanya pas diengkol lagi dia nyala.

Tapi saat itu ane masih ragu sama diagnosa si mekanik karena motor ade ipar ane uda ganti Sepul tapi masih ngadat juga.Ane ngambil motornya dulu barengan ma ade ipar ane, didealer yang sama,tipe yang sama,warnanya sama,bahkan sampe penyakitnyapun sama. Pernah saking frustasinya ade ipar ane, tu motornya dijogrokin aja didepan rumahnya berhari-hari sampe akhirnya dia ngambil keputusan ngeganti karbu Thundernya pake karbu RX King. Kompatible sich dengan beberapa penyesuaian settingan, Cuma bensinnya jadi lebih boros katanya.

Oke,back to bussiness,
Setelah beberapa waktu lamanya akhirnya ane nemu juga penyebabnya, tapi sebelumnya ane mo jabarin dulu gejala-gejala ngadatnya si Thunder 125 ane & ade ipar ane punya, kali aja agan-agan sekalian sesama penunggang Thunder 125 pernah atau sedang ngalamin kasus yang sama dan bisa saling berbagi info.
Beberapa gejalanya adalah :

-          Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
-          Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
-          Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.

Penyebabnya adalah Karet Vakum di Karburator.
Ini Penampakannya :
Karet Vakum
Umumnya karet vakum ini bisa bertahan selama bertahun-tahun,seiring waktu tarikan motor akan berkurang tenaganya karena karet mulai kendor, keras dan berlubang atau yang lebih ekstrim lagi ya bikin tunggangan jadi ngadat seperti yang ane alami.

Setelah ane ganti karet vakumnya tarikan bawah memang agak berat (ane make yg KW ditebus dengan harga 15Rb) tapi pas tarikan atas bisa tembus ampe diatas 80 km/jam, padahal sebelum diganti tarikan diatas 70 km/jam pasti mati mesin dan baru mo nyala setelah diengkol ampe gempor.Kalo ada budjet lebih mending pake yang Ori,sekitar 40-50 ribuan sebiji,anepun lagi mo nebus yang ori dari kebun jeruk.

Semoga postingan ane ini bisa membantu dan makin menambah wawasan kita semua.

Komentar

  1. thank infonya gan sama kaya punya ane :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama gan :D skalian cek kabel busi gan,kl kelamaan suka ngelupas karetnya,repotnya kl keujanan trus korslet motor ogah nyala..

      Hapus
    2. Thks berat gan. . Frustasi ane jadi berkurang :))

      Hapus
  2. Thanks Bro buat infonya, setelah melewati waktu yg cukup lama dari tahun 2008-2013..
    saya punya THunder mulai merengek manja, 1 minggu terakhir ini baru, pas kondisinya kayak brother sampaikan.
    so saja mau coba solusi brother.
    terimakasih ....

    Semangat Thunder 125.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep masbro, ane ampe skrg msh tokcer aja tu motor stelah tau penyebab penyakitnya :D

      Hapus
  3. saya sudah ganti karet vacumnya tapi masih juga brebet bahkan sampai mati..kira2 ada yang tau g penanganannya..terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek kabel busi gan,ngelotok pa ngga,kadang2 suka konslet didaerah sana,cara paling gampang buat ngeceknya sich pas gelap2 ente starter,liat ada percikan api ngga di sekitar kabelnya,kalo ada brarti konslet,itu penyebabnya motor sering mati.
      tinggal di selotip aja pake selotip item bagian kabel yang terkelupas.
      moga2 bs membantu.

      Hapus
  4. permisi gan,ane udah ganti karet vacum 2 minggu lalu dan selama 2 minggu lalu motor lancar jaya tapi sekarang terulang kembali masalah2 yg ada di atas -__-"
    kalau soal kelistrikan ane cek gak ada koslet..
    menurut agan,perlukah ane nukar karbunya?,karbu apa yang cocok selain karbu king?
    Tolong masukannya ya gan.
    Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kalau awal-awal setelah penggantian suka ngadat lagi,biasanya penyebabnya ada kotoran atau uap berlebih yang masuk dan menyebabkan karet vakum mandeg.. kalo ane cara ngatasinya buka baut penahan karbu ke saringan sampai kira2 cukup untuk memasukkan jari sampean kedalam karbu lalu mainkan tarikan piston dari sana dgn cara menaikturunkan piston agar karetnya kembali lancar, setelah itu coba nyalakan mesin dan gas perlahan. itu ane lakukan terakhir kali sampe skrg ga pernah ngadat lagi :D lebih mudah ketimbang bongkar karbu,apalagi pas ngadatnya ditengah jalan yang jauh dari bengkel.
      untuk karbu slain RX king brader bisa coba aplikasi punya GL pro/max tapi tentunya dengan beberapa penyesuaian biar pas pengaplikasiannya.

      Hapus
    2. Oke mas bro,makasi bgt masukannya :D
      usut punya usut,ternyata busa dari sarang hawa udara nya gak ada trus jok ane bocor jd kalau hujan air merembes ke sarang hawa udara jd karbu ngisap debu sama rembesan air hujan,untung skep ane gak kena -__-"
      sekarang semua udah di clear kn mas bro,motor Insyaallah lancar jaya kembali :D

      Hapus
    3. mantap bro (y) sebagai sesama thunder rider harus bisa berbagi pengalaman :D

      Hapus
    4. iya mas bro,blog ini membantu bgt sebagai sesama thunder rider :D

      Hapus
    5. Untunk penggantian karbu pakai punya gl-pro cara lengkapnya gmana ya kang?

      Hapus
    6. Untunk penggantian karbu pakai punya gl-pro cara lengkapnya gmana ya kang?

      Hapus
  5. Wah, problem nya sama nih..

    - Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
    - Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
    - Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.

    Apakah cuman mengganti "Karet Vakum di Karburator" doank yaah ?

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg uda2 sich penyebabnya itu,kl msh ngambek, cek kabel2 terutama kabel busi ngelupas ato ngga.kl ngelupas kadang pas lg starter dia konslet ke blok mesin.

      Hapus
  6. rata2 pnyakitnya sama,, punyaku jg gtu..,, ud tak ganti karet vakum, tapi cma bertahan 3 bulan, trs penyakitnya balik lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya ane uda hampir setahun masgan :)
      utk karburator tipe vakum memang penyakitnya kebanyakan sama, karet vakum mandeg,ga narik ato abis narik ga balik gara2 karetnya bolong atau mengeras.
      solusinya pake karet vakum orisinil :)

      Hapus
  7. Maaf om numpang tanya,kLo karburator thunder di ganti dg karburator PE 28 sih gimana ada kendala gak..??
    Mengenai Masalah dengan kecepatan dan ke iritan bahan bakar nya ..
    Terima kasih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut ane sich semua part yang ga sesuai dgn spek asli dari motor pasti ada kendalanya, apalagi kalo partnya bukan orisinil punya alias kw-kw an :)
      kalo dari pengalaman ade ipar ane sich emang setelah ganti karbu king speed ningkat tapi itupun harus disetting berulang-ulang baru dapet, plus bensinnya itu loh, borosss. makanya dia bawanya pelan2 biar bensinnya iritan katanya :D

      Hapus
  8. thx gan info...bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Om motor ane sama yg ente alamin, tp kalo motot kehujanan pasti aja.mogok di tengah jalan, solusinya gimna bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl keujanan mogok biasanya gara2 kabel body ada yang konslet gan,coba cek kabel dkt pala busi ngelupas pa ngga,kl ngelupas tinggal diselotip aja pake selotip item khusus buat kabel.kl ngga brarti ada kabel di bagian lain yg ngelupas yang bikin konslet.

      Hapus
  10. ane udh ganti karet vakumnya gan, tapi msh ttep aja kaya gtu, knp yaa???

    BalasHapus
  11. hampir sama dengan penyakit thudr agan. pas ane lagi gas trus kaya ada yg slip dan saat itu jga lari thunder ane jd loyo. awalnya msh kadang normal lagi tp sekarang udah loyo trus. ane udah ganti kampas kopling tp msh ga ngaruh. nnti besok ane coba dh ganti tu karet vacum. mksh infonya gan

    BalasHapus
  12. Salam kenal buat agan agan.. info yg bermanfaat buat sesama pengguna thunder..

    BalasHapus
  13. makasih banyak gan infonya bermanfaat bangett,kebetulan penyakit thunder ane sama

    BalasHapus
  14. Pantesan belum nyala juga padahal ane udh bersihin karbu dan ngcek perapian dan semua nya bagus .. Pas ane buka karet vakum emang ada beberapa yg retak dan bolong gan -_- .. Thank info nya 😘

    BalasHapus
  15. 90% penyakit thunders adalah vakum karbu. solusinya ganti dgn karbu yg gak pakai vakum. pasti beres.

    BalasHapus
  16. Thunder ane udah hnpir 10thun gan, blom pernah ganti karet vakum, pas putaran rendah brebet kaya busi mulai soak,tpi putaran tinggi gpp, mngkin karet vakumnya kali ya,, thanks gan infonya,,

    BalasHapus
  17. Sama gan thunder gua penyakitnya gitu juga ditambah lampu sein kiri-kanan, lampu malam(belakang) dan lampu jauh Ngak mau nyala, padahal udah ganti sakelarnya, kenapa ya gan??

    BalasHapus
  18. Sama gan thunder gua penyakitnya gitu juga ditambah lampu sein kiri-kanan, lampu malam(belakang) dan lampu jauh Ngak mau nyala, padahal udah ganti sakelarnya, kenapa ya gan??

    BalasHapus
  19. Salam gan..
    Sya mo tanya nich..
    Sya juga penguna thunder 125 2006..
    Thndr sya klu udah hidup slama 20 menit mau di kick stater..
    Tapi setelah 10 jam gak hidup"
    pagi'y gak bisa hidup lagi gan
    tolong penerangan'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek sikring takutnya Bogor halus selanjutnya cek kabel2 suka ada yang longgar.

      Hapus
  20. aku punya thunder 125 tahun 2006 gan.
    penyakitnya karbu berkeringat. kalau udah berkeringat bawaannya ngadat gan. ada solusi gak buat penyakit motor ane?

    BalasHapus
  21. motor thunder ane juga sama gan.. rewel bgt, sering mbrebet...
    di tengah perjalanan tenaga tiba tiba loyo.. kadang kalo mesinnya udah panas .. gas nya sering gede sendiri.. ane coba puter setingan gasnya, ane kecilin, eh mesin malah gak langsam kalo diturunin gasnya, mesin malah mati..

    BalasHapus
  22. Masukan buat agan" yang pake karbu pe keihin 28.
    Pertama : manifol nya pake pnya FU soalnya pnya thunder kurang rapat dikit.
    Kedua : PJ dan MJ nya pake pnya thunder aja.
    Ketiga : jarum skepnya pake pnya GL.
    Dijamin motor ngga bakal mberebet gan.
    Salam Komunitas Thunder. :D

    BalasHapus
  23. @Blognya mas : coba cek karet vakumnya gan, klo ada yg bocor atau robek bisa jdi mberebet.
    Kedua : coba jarum skep ganti pakai GL, sya sdh coba dan alhasil ngga mberebet gan

    BalasHapus
  24. Misiii ga . maunya nih ane punya thunder 2004. Ane sering bongkar sendiri karbu.
    Pas ane mau bersihin pilot jet, susah malah soak ga bisa keluar . terus ane bor aja sendiri .ane beli in yg baru masuk, msih bisa di putar . pas ane nyalain malah ngaco. Gmna ia Gan , solusinya. Trimakasih seblum nya.

    BalasHapus
  25. Gan gejala motor ane sama kaya yh d sebit d blog ente. Tp ane bawa bengkel kok d blg hrs ganti karbu nya ya ? Lah trus ane hrs gnti karbu / ganti karem vakum nya doang ?

    BalasHapus
  26. Gan gejala motor ane sama kaya yh d sebit d blog ente. Tp ane bawa bengkel kok d blg hrs ganti karbu nya ya ? Lah trus ane hrs gnti karbu / ganti karem vakum nya doang ?

    BalasHapus
  27. semua penyakitnya hmpir sama gan sprti itu di thunder 94 ane jg,skrng mlh srng dipusingin sm accu srng brkarat&harganya yg mahal klw ganti baru,klw urusan daleman mesin mmng Suzuki Handel awet,pnya ane 11thn baru ganti kanpas kopling sm rantai keteng doank blm dioprak2 lg,biar tarikan thunder ente kenceng,ane kasih tips:buka sj rangkaian ori hawa yg ke blok mesin,selang besi seperangkt itu bongkar sj ga usah dipasang,dijamin thunder2 ente ngacir msk mentok top speed kilometernya yg cm 120km itu,pnya ane dr awal beli dulu lngsung ane cabut sj&sering dipakai jarak jauh luar kota tuh irit doi INI
    Kelemahannya:syng karbunya Valium&harga accu nya plng mahaal bro..yg lain2 ckp oke ane ajk tmn maen dr 2004 silam ampe skrng 2017 hhee..
    Smga brmanfaat jg
    Sallam thunder125

    BalasHapus
  28. Permisi gan ane mw tanya thunder ane mogok ga jlan karbu y ky bocor basah trus sma bensin. Biasa y klo agk kering jlan smbil ditutupin pke tangan klo lg d engkel. Skrng g bisa" mhon solusi y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli repairkit karbu dulu bos, nanti karbunya bongkar dan ganti dalemanya. Tapi kalau sudah parah mending ganti aja karbunya, yang KW buatan thailand 300rb juga dapet, atau kalau mau cari bekasan ori biasanya ada yang jual di toko toko online semacam tokopedia. Sekarang thunder banyak yang di modif jadi model classic, biasanya karbu di ganti sama karbu skep biasa dan karbu orinya di jual murah sekitar 200-300rb

      Hapus
  29. Thunder 2008 ane kemaren baru ganti spul karena aki nggak ngisi, 9 tahun baru minta ganti itu spul. Kalau masalah karbu karena ane rutin otak atik sendiri jadi nggak pernah mogok di jalan. Sebenernya itu motor bandel dan awet kalau di rawat dengan benar, sampai sekarang ane masih pakai untuk pulang pergi kerja,dengan jalan jakarta yang macet seperti ini memang thunder sangat nggak nyaman di pakai,torsi yang kecil sangat berat akselerasinya.. tapi saya masih suka pakai thunder karena irit dan aman ditaruh dimanapun, soalnya maling nggak doyan haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos punya ane 2009 udh ganti aki sama spul tapi kaya ilang strum gitu solusinya gimana ya

      Hapus
  30. ane punya saudara motor thunder. a pas sendirian di tanjakan narikk tp kalau udah goncengan gk narik.
    trus ane degar suara di karbu. a ada suara bunyi2 mohon bantuan. a kawan2.
    thx

    BalasHapus
  31. ane punya saudara motor thunder. a pas sendirian di tanjakan narikk tp kalau udah goncengan gk narik.
    trus ane degar suara di karbu. a ada suara bunyi2 mohon bantuan. a kawan2.
    thx

    BalasHapus
  32. satria fu juga demikian
    nambahin,awalnya rusak gini ane sih kayanya
    satria punya lubang busi d atas nah keairan waku banjir,setelah itu ane engkol dan starter mugkin si karet basah bensin(banjir) jadi melar/keras,nah sampe mau ganti motor juga pernah tapi mekanik langganan bilang ini vacum,lokal sementara kurang presisi mnding ori
    ane coba lokal 3bulan sembuh kesananya kumat tapi insyaalloh kalo ori mantep bos

    BalasHapus
  33. Thunder gue juga gtu ni penyakit nya.karer vakum nya oke.yg lain nya juga oke.tpi kok masih ngadat yc.mhon bntuan nya.

    BalasHapus
  34. sama thunder ane akhir2 ini sering gitu..udah 3 bulan terakhir ganti vacum melulu nih 70rb x 3....boncosss uang nya....tolong masukannnya broder....kata montir nya sih gara2 bensin shell....suruh ganti bensin...karena shell oktan terlalu tinggi katanya...ane males beli pertamina....antri nya ga nahan...apa ada solusi lain om gan? apa mungkin perlu ganti karburator? sebelum 3 bulan ini motor ane baru ganti 2 kali vacum nya...itu dari tahun 2007 gan...terakhir ngadat 3 bulan kmaren...berturut2....mpe pusing ini dompet...

    BalasHapus
  35. si doi ajak berenang/lewat genanga, untungnya ga mati,2 hari kemudian baru deh brebet,setelah d cek karet vakumnya bocor, namun brebet jg ga hilang setelah di ganti karet vakum yg ori, kondisi karburator dingi dan sambe keluar embun...mohon agan2 apa penyakit si doi...

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. wkwkwkwk penyakit motor kita rata² sama...
    gk jadi jengkel ngerasain motor, malah ketawa...

    BalasHapus
  38. yg jelas pihak suzuki juga gk mau tau sm masalah ni....
    padahal gara² masalah ni banyak para peminat yg akhirnya pindah merk...

    BalasHapus
  39. Betul gan punya ane juga bgtu gan.

    BalasHapus
  40. Sip salam thunder 125,punya ane udh merambah Lampung utara hehe si leter Z kota tasik,2004-2015 bolak balik jakarta tasik plng irit,tenaga lumayan urusan tempuh jarak jauh,skrng nongkrong dl disono,hbs pajaknya blm kebayar hehee 😂

    BalasHapus
  41. Tp gimana gan kalau karbunya dah di ganti ma karbu rx king, tp prnyakitnya tetep sama, mohon solusinya,,, karna ane jga lagi frustasi di buatnya,,

    BalasHapus
  42. Tp gimana gan kalau karbunya dah di ganti ma karbu rx king, tp prnyakitnya tetep sama, mohon solusinya,,, karna ane jga lagi frustasi di buatnya,,

    BalasHapus
  43. Bang kalo karbunya banjir pas krannya di buka mesti di gimanain bang, mohon infonya

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Punya ane 2009 udh ganti aki baru sama spul tapi tetep ilang listrik gitu. Lampu depan redup klakson lemah sama kaya habis bensin kalo lampu utama hidup ada yg tau solusinya?

    BalasHapus
  46. Ganti aja pake karbu rx king....mamtap

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah singkat ; Sultan Cigar Indonesia

Game-game Arcade Classic