Mengenal Komposisi dari sebatang Cerutu



S
aat menikmati cerutu favorit anda, apakah sempat terpikir dalam benak anda, apa sebenarnya komposisi dari sebatang cerutu yang anda hisap sehingga dapat menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda-beda? Jika iya, maka anda berada pada artikel yang tepat karena kali ini saya akan mengupas tentang isi dan komposisi dari sebatang cerutu.


Kebanyakan dari kita hanya tahu bahwa cerutu terbuat dari daun tembakau yang difermentasi. Namun lebih dari itu, setiap daun tembakau memiliki rasa dan aroma yang berbeda-beda tergantung dari tempat dimana mereka tumbuh. Tembakau yang tumbuh di perkebunan Vuelta abajo di Cuba jelas memiliki rasa dan aroma yang berbeda dengan tembakau yang tumbuh di perkebunan PTPN X di Jember, jawa timur, sehingga cerutu yang dihasilkan dari daun tembakau kedua perkebunan tersebut memiliki citarasa dan aroma yang tentu berbeda pula. Namun ada satu hal yang sama dari kedua cerutu berbeda sumber tersebut, yaitu komposisi dari cerutu itu sendiri.

Didalam sebatang cerutu , Terdapat tiga bagian daun dalam  tanaman tembakau yang biasa digunakan dalam pembuatannya. Tiga bagian daun ini biasa disebut Ligero, Seco, dan Volado. Dalam peracikan setiap batang cerutu, membutuhkan kombinasi dan perpaduan dari ketiga bagian daun tembakau ini.  Walau jenis daun tembakau yang digunakan dapat berbeda, namun didalam setiap batang cerutu yang dibuat, pasti terdapat tiga bagian daun ini sebagai komposisinya.



Bagian daun yang pertama yaitu Ligero, berasal dari bahasa Spanyol yang artinya Cahaya. Ligero terbuat dari daun tembakau yang tumbuh dibagian atas dari tanaman tembakau. Daun ini adalah bagian yang paling banyak terpapar sinar matahari, yang menyebabkan bentuk daunnya lebih tebal serta kaya akan rasa dan aroma (setelah melalui proses pengeringan dan fermentasi.) Sebatang cerutu bisa dikatakan kuat dalam rasa, sangat dipengaruhi oleh banyaknya daun bagian ini yang digunakan dalam peracikan. Sehingga makin banyak komposisi Ligero dalam sebatang cerutu, maka makin kuat dan bervariasi pula rasa dan aroma cerutu tersebut. Daun bagian ini juga memiliki proses pembakaran yang lebih lambat ketimbang bagian daun tembakau lainnya.

Daun bagian kedua adalah Seco, yang artinya kering, berasal dari bagian tengah dari tanaman tembakau. Jenis  daun bagian ini lebih ringan atau mild dalam rasa dibandingkan Ligero. Semakin banyak komposisi Seco dalam peracikan maka semakin ringan cerutu tersebut.
 
Dan yang terakhir adalah Volado, yang berada dibagian paling bawah dari tanaman tembakau. Sebenarnya daun bagian ini tidak berpengaruh besar dalam menentukan rasa dan aroma dalam sebatang cerutu, namun berkontribusi besar dalam proses pembakaran, karena kedua bagian daun lainnya tidak memiliki proses pembakaran yang sempurna. Sehingga dengan adanya volado dalam komposisi sebatang cerutu, pembakaran sempurna dapat tercapai.  

Walau rasa dan aroma sebatang cerutu sangat bervariasi, tergantung dari tempat daun tembakau yang digunakan berasal serta dimana dan bagaimana proses yang digunakan dalam pembuatan sebatang cerutu. Namun yang pasti semua cerutu premium pasti menggunakan bagian Ligero, Seco dan volado sebagai komposisinya. Keseimbangan dalam peracikan ketiga bagian daun ini akan sangat berpengaruh pada rasa dan aroma dari sebatang cerutu yang anda nikmati. (R)  
                                                                                                                                                                    

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah singkat ; Sultan Cigar Indonesia

Game-game Arcade Classic