All about Cigar Part.1



Kali ini kita akan mengupas tuntas tentang apa itu Cerutu yang bahasa gaulnya disebut Cigar.

Dulu, cerutu hanya bisa dinikmati oleh kaum ‘Borjuis’ dan para pengusaha kaya serta para pejabat tinggi karena harganya yang tidak bisa dibilang murah untuk kantong orang biasa., tapi sekarang telah terjadi yang namanya pergeseran tren, pekerja kantoran, bahkan mahasiswa sekalipun sudah bisa menikmati gulungan tembakau tersebut.

Bolivar Gold Medal, salah satu cerutu kelas atas Cuba
Cerutu itu apa sih?
Cerutu adalah kumpulan daun tembakau yang di gulung sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti tabung atau bentuk lainnya. Ada tiga komponen dasar dalam sebuah cerutu, yaitu Filler. atau isi bagian dalam cerutu, Binder, yaitu daun tembakau yang membungkus filler, dan Wrapper, bagian terluar dari cerutu yang membungkus binder. Untuk lebih jelasnya liat gambar dibawah.


Filler cerutu terdiri dari dua jenis, Short filler dan Long Filler. Bedanya apa?
Long filler biasanya khusus cerutu premium, yang dibuat dari kumpulan daun tembakau utuh yang digulung menjadi satu, dengan satu lapisan binder dan ditutup oleh wrapper. Abu dari sisa pembakarannya biasanya bisa bertahan lebih dari 1 inci sebelum akhirnya jatuh sendiri.
Sedangkan Short filler biasanya terbuat dari sisa-sisa tembakau premium atau cacahan tembakau utuh, yang dikumpulkan dan digulung dengan bantuan mesin. Biasanya menggunakan dua lapisan binder untuk mengikat fillernya agar lebih kuat dan menutup sempurna, dan dilapisi dengan lapisan terluarnya atau wrapper. Abu dari sisa pembakarannya biasanya tidak bertahan lebih dari 1 inci.

Perbedaan komposisi Long Filler dan short filler.
Hand made, Machine made, Hand finish.  
Kebanyakan cerutu premium adalah buatan tangan atau Hand Made. Oleh sebab itu cerutu premium biasanya lebih mahal daripada cerutu jenis lainnya yang buatan mesin. Gambar dibawah menjelaskan bagaimana cerutu premium atau Hand Made dibuat.

3-4 jenis tembakau digabung jadi satu sebagai filler, yang menentukan rasa dan aromanya.

Filler digulung kedalam selembar daun tembakau kedua atau Binder, yang mengikat filler menjadi satu kesatuan utuh.


 Diakhiri dengan menutup binder dengan selembar daun tembakau kualitas terbaik atau wrapper.
Selain buatan tangan ada juga yang buatan mesin atau Machine Made. Bukan mesin yang digunakan dalam produksi rokok secara massal tetapi lebih mirip seperti yang digunakan dalam industri pembuatan rokok kretek, yang membantu pembuat cerutu dalam menggulung tembakaunya, karena cerutu buatan mesin biasanya menggunakan tembakau cacahan atau yang biasa disebut short filler seperti rokok. Yang sudah dijelaskan diatas.
Selain kedua cara diatas, ada juga gabungan atau kombinasi dari keduanya, yaitu Hand Finish. Tembakau digulung dengan bantuan mesin gulung, kemudian diakhiri dengan pemasangan wrapper secara manual atau hand rolled.
Jose L Piedra Cremas.
Bentuk-bentuk Cerutu
Cerutu terdiri dari berbagai bentuk, jenis dan ukuran.Menurut Habanos.Sa, produsen cerutu terbesar dari cuba, cerutu terdiri dari dua bentuk dasar utama yang mereka sebut “Parejos” (dengan bentuk yang standar seperti tabung), dan “Figurados” (yang bentuknya lebih tidak teratur), dan terbagi lagi menjadi beberapa bentuk turunan.
Padron serie 1926
Corona, Robusto, Panatela, Lonsdale adalah sebagian dari bentuk-bentuk yang masuk dalam kategori Parejos, sedangkan Pyramid/Belicoso, Torpedo, Diademas masuk dalam kategori Figurados.
Ukuran cerutu bervariasi dari Ring gauge atau lingkar badan terkecil 20 dan panjang sekitar 3.2”(ukuran Cigarillos) sampai ring 56 dengan panjang mencapai 8”.
Cigar size, Shapes and Colour guide.
Cara Nyimpennya gimana?
Tempat terbaik buat nyimpen cerutu, ya Humidor. Apaan tuch? 
Humidor berbentuk Pyramid

Humidor adalah kotak khusus yang dibuat sebagai tempat menyimpan cerutu. Humidor terbaik adalah yang terbuat dari kayu Spanish cedar dan bisa mempertahankan kelembaban dengan stabil pada angka 70% kelembaban. Kenapa harus 70%? Karena derajat kelembaban yang disarankan agar cerutu bisa tahan lama adalah diangka 68-75%. Jika terlalu lembab, cerutu akan terasa pahit dimulut, dan pembakarannya ga merata, wrappernya menjadi rentan sobek, dan juga rentan terserang lumut atau mold dan kutu. Sedangkan kalo terlalu kering aroma dan rasa dari cerutu akan hilang, lebih cepat terbakar dan terasa panas saat dihisap, Kalo agan-agan belum punya tempat khusus buat nyimpennya mending jangan beli banyak-banyak dulu, beli yg kira-kira bisa agan-agan habiskan dalam 2-3 hari.
Temperaturnya juga harus dijaga. Temperature idealnya adalah 70° Fahrenheit atau sekitar 18-21° Celsius. Dibawah suhu yang ditentukan akan menyebabkan cerutu tidak akan bisa mem-fermentasi dirinya sendiri, karena seiring waktu berjalan jika cerutu disimpan pada suhu dan kelembaban yang ideal, dia akan ber-fermentasi yang pada jangka waktu tertentu (beberapa tahun) akan membuat rasanya lebih nikmat. 
Jika diatas suhu yang ditentukan atau terlalu panas, kemungkinan terbesarnya adalah menetasnya telur-telur kutu tembakau yang biasa disebut Lasioderma Serricorne.  
Lasioderma Serricorne.
Telur-telur kutu ini terkadang bisa masuk saat proses penggulungan, dan menetas saat cerutu yang sudah siap bakar disimpan pada suhu dan kelembaban yang tinggi. Saat ia menetas dan dalam bentuk larva,dia akan mencari jalan keluar dengan memakan tembakau dan menyisakan lubang-lubang kecil dan serbuk-serbuk tembakau di tubuh cerutu yang pada akhirnya akan merusak cerutu itu sendiri.
korban dari Lasioderma Serricorne.

Masih banyak yang akan kita bahas di postingan berikutnya. Stay tuned for part.2 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah singkat ; Sultan Cigar Indonesia

Game-game Arcade Classic